Kategori
DISTRIBUTOR

SUPPLIER TRANSGLUTAMINASE ENZIM

Halo friend, mencari SUPPLIER TRANSGLUTAMINASE ENZIM yang jual di SHOPEE atau TOKOPEDIA? Yuk, coba kunjungi dulu toko online kami di :

Beli melalui TOKOPEDIA, klik link ini –> 

https://www.tokopedia.com/tokobahankuecoid/transglutaminase-meat-glue

Beli di SHOPEE, klik link ini –> 

https://shopee.co.id/JUAL-TRANSGLUTAMINASE-MEAT-GLUE-i.61571954.1035358222

Beli di BUKALAPAK, klik lini ini –> 

https://www.bukalapak.com/p/food/bahan-mentah/fhe5ef-jual-jual-transglutaminase-meat-glue

LANGSUNG aja klik link toko kami di atas ya.

PRODUK OLAHAN SURIMI MENGGUNAKAN TRANSGLUTAMINASE. Berbagai macam pengolahan hasil laut telah dilakukan, salah satunya dengan membuat surimi. Surimi adalah protein miofibril yang distabilkan dari daging ikan, yang dihilangkan tulangnya secara mekanis, yang dicuci dengan air dan dicampur dengan cryoprotectant. Pada umumnya, surimi diproses melalui pencincangan, pencucian, pencampuran dengan cryoprotectant, dan pembekuan. Terdapat beberapa jenis ikan yang biasa digunakan sebagai bahan baku surimi. Beberapa di antaranya yaitu: ikan pollock Alaska, ikan whiting Pasifik, ikan makarel, ikan menhaden, ikan kakap, ikan air tawar, dan ikan nila.

Pembuatan surimi/daging ikan lumat masih banyak dilakukan dengan menggunakan bahan baku ikan laut. Untuk mengantisipasi target peningkatan produksi ikan, utamanya dari ikan hasil budidaya air tawar sebesar 353% pada tahun 2015, maka perlu dicoba juga penggunaan ikan air tawar, salah satunya adalah dengan pembuatan surimi/daging ikan lumat yang merupakan produk antara yang dapat diolah menjadi berbagai produk yang diminati masyarakat seperti bakso ikan, dll.

Diperlukan teknik atau zat yang dapat memperbaiki tekstur surimi, salah satunya dengan menggunakan TRANSGLUTAMINASE. Kualitas dari surimi ditentukan dengan karakteristik gel seperti tekstur dan kemampuan untuk membentuk gel (gelasi).

Transglutaminase sudah banyak  diapikasikan pada produk  tahu, sosis, dan mie.  Enzim  ini  berfungsi  memperbaiki  solubilitas  dan  meningkatkan pembentukkan gel, emulsifikasi, foaming, viskositas, dan water holding capacity. Dari fungsi tersebut, transglutaminase berpotensi untuk diaplikasikan pada surimi. Umumnya, transglutaminase dapat dihasilkan dari dari mamalia.

Peningkatan kualitas tekstur surimi ikan juga dapat dilakukan dengan memberikan bahan tambahan yang dapat berinteraksi dengan ion kalsium yaitu sodium tripolifosfat(STPP). STPP merupakan bahan tambahan yang diijinkan dengan kandungan garam fosfat dan mineral. Senyawa ini dikenal sebagai tripolifosfat karena molekul STPP memiliki tiga atom fosfat. Kelompok fosfat ini memiliki banyak jenis diklasifikasikan berdasarkan jumlah atom fosfat yang dimiliki, biasanya hingga 15 atom fosfat. Nopianti et al. (2010 )menjelaskan penggunaan fosfat pada surimi akan mengurangi viskositasnya sehingga memudahkan dalam pengolahan menjadi adonan kalis. 

Penambahan STPP pada produk surimi juga akan meningkatkan kekuatan gel,cohesiveness, dan kemampuan pembentukan sol yang baik. Penggunaan STPP ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat namun seberapa besar jumlah yang layak ditambahkan belum dipelajari dengan baik sehingga kebanyakan masyarakat menambahkan STPP sesuai dengan keinginannya. Penggunaan fosfat/STPP dapat meningkatkan kemampuan gel dalam menangkap air dan rehidrasi air ketika thawing surimi. Penggunaan fosfat pada surimi juga akan meningkatkan kekuatan gel,cohesiveness dan parameter tekstur lainnya.

Contohnya STPP mampu memberikan efek terhadap kekuatan gel kamaboko ikan malong. Nilai hardness tanpa penambahan STPP rata-rata 400-450 g, sedangkan dengan penambahan 0,2% STPP mampu meningkatkan hingga 500 g hardness kamaboko. Parameter gumminess dan chewiness gel kamaboko dengan penambahan STPP 0,2 hingga 0,5% mampu memberikan kekuatan gel yang optimum, namun apabila penambahan dilanjutkan maka sebaliknya akan menurunkan kualitas gel kamaboko. Konsentrasi STPP 0,2% dan CaCl2 0,2% merupakan jumlah penambahan optimum untuk surimi ikan malong berdasarkan parameter hardness, fracturability, gumminessdan chewiness.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *